Monday, June 6, 2011

Sebanyak 18 Pemain NBL Indonesia Hadapi Tantangan USA Legends


Foto: Deni Sumargo (ki) dan Rahmad Febri Utomo
Foto: Deni Sumargo (ki) dan Rahmad Febri Utomo


SURABAYA – Sebanyak 18 pemain telah masuk daftar anggota Flexi National Basketball League (NBL) Indonesia Selection Team. Mereka akan bertanding melawan USA Legends Team, di ajang Flexi NBL Indonesia Challenge 2011, 22 dan 25 Juni mendatang di Jakarta dan Surabaya.

Daftar nama itu dipastikan oleh PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia, pengelola NBL Indonesia, setelah tim nasional Indonesia mengumumkan kepastian tim yang akan menghadapi SEA Games XXVI November mendatang. Dari 18 nama itu, kebanyakan adalah pemain muda, lahir 1986 atau lebih muda.

“Begitu tim nasional Indonesia terbentuk, kami langsung menyusun anggota tim NBL Indonesia Selection. Dalam pembentukannya, kami memprioritaskan pemain muda dan melibatkan seluruh tim peserta NBL Indonesia,” jelas Azrul Ananda, direktur PT DBL Indonesia dan commissioner NBL Indonesia.

Dari barisan muda ada shooter Aspac Jakarta, Oki Wira Sanjaya. Ada pula rookie of the year NBL Indonesia 2010-2011 asal Satya Wacana Angsapura Salatiga, Valentino Wuwungan. Tidak ketinggalan mesin rebound Satria Muda Jakarta, Galank Gunawan.

Sedangkan dari barisan senior, yang sudah diumumkan sejak awal adalah bintang Garuda Bandung Denny Sumargo. Nama terakhir yang masuk adalah Most Valuable Player (MVP) NBL Indonesia 2010-2011, I Made “Lolik” Sudiadnyana (juga Garuda).

Nama Om Lolik –julukan populer sang MVP– baru masuk setelah dia tidak lagi masuk tim nasional. Selain Lolik, nama top lain yang masuk NBL Selection Team setelah tidak lagi di timnas adalah Rachmad Febri Utomo dari CLS Knights Surabaya dan Pringgo Regowo (Aspac Jakarta)

“Tentu kami senang dengan adanya Lolik. Dia akan membawa warna unik di even ini. Usianya segera 41 tahun, sama dengan salah satu bintang utama USA Legends, Cedric Ceballos. Dia juga lebih senior dari Voshon Lenard, andalan USA Legends lain yang berusia 38 tahun. Lolik itu legenda Indonesia, dan dia akan bertanding melawan legenda Amerika,” kata Azrul, dalam rilis yang diterima okezone, Senin (6/6/2011).

Dari 18 pemain NBL yang terpilih, tidak semua main dua kali lawan USA Legends. Ada yang hanya di Jakarta, ada yang hanya di Surabaya. “Dengan cara membagi tim, kami bisa memberi kesempatan kepada lebih banyak pemain untuk bertanding lawan USA Legends. Kami percaya, semakin banyak pemain terlibat, semakin baik dampaknya untuk Indonesia,” tandas Azrul.

Lolik sendiri mengaku senang dapat kesempatan ini. Khususnya bisa satu lapangan dengan Cedric Ceballos dan Clifford Robinson. “Senang bisa bermain dengan orang-orang yang dulu biasa saya tonton di televisi, sekaligus menyuguhkan hiburan yang menarik untuk para penonton,” ucapnya.

Flexi NBL Indonesia Challenge 2011 diselenggarakan oleh PT DBL Indonesia dengan Telkom Flexi sebagai partner utama. Chevrolet ikut mendukung sebagai official partner, plus MPM Motor Honda di Surabaya, Mikasa dan League sebagai official supplier. (*)

Anggota NBL Selection Team 2011
(Bertanding Lawan USA Legends)
Jersey Nama Klub Asal

17 Dimaz Muharri* CLS Knights Surabaya
10 Robert Santo Yunarto Muba Hangtuah IM Sumsel
9 Sandy Febiansyakh CLS Knights Surabaya
0 Oki Wira Sanjaya* Aspac Jakarta
22 Denny Sumargo* Garuda Bandung
31 Andrie Ekayana S.S. CLS Knights Surabaya
66 Galank Gunawan Satria Muda Jakarta
24 Vinton Nolland Surawi Aspac Jakarta
35 Valentino Wuwungan Satya Wacana Angsapura Salatiga
15 Evin Istianto Hadi Citra Satria Jakarta
6 Dian Heryadi* Muba Hangtuah IM Sumsel
27 Bima Rizky Ardiansyah Bimasakti Malang
23 Ruslan Stadium Jakarta
91 Agustinus Indrajaya CLS Knights Surabaya
33 I Made Sudiadnyana* Garuda Bandung
14 Pringgo Regowo Aspac Jakarta
19 Rachmad Febri Utomo* CLS Knights Surabaya
11 Vavories Palopo Pelita Jaya Jakarta

Coaches:
1. Nathaniel Canson, Muba Hangtuah IM Sumsel*
2. Risdianto Roeslan, CLS Knights Surabaya*
Catatan: * Hadir dan tampil di dua kota, Jakarta dan Surabaya