Sunday, June 5, 2011

Simoncelli Sabet Pole Pertama

Kualifikasi MotoGP Catalunya

Simoncelli Sabet Pole Pertama


Foto: Marco Simoncelli/Getty Images
Foto: Marco Simoncelli/Getty Images

BARCELONA – Marco Simoncelli mencuri perhatian di detik-detik akhir sesi kualifikasi GP Catalunya, Sabtu (4/6/2011). Pembalap Gresini Honda berhasil merusak dominasi Casey Stoner dengan mencatatkan waktu tercepat, dan mengamankan pole pertama dalam karirnya di MotoGP.

Sejak awal sesi, Stoner yang berkuasa di tiga sesi latihan langsung menunjukkan dominasinya dengan mencatatkan waktu tercepat. Catatan waktu terbaik yakni 1 menit 42.397 detik yang ditorehkan Pembalap andalan Repsol Honda terus bertahan jelang berakhirnya sesi kualifikasi.

Namun, saat Stoner tengah terlena memikirkan pole keempatnya, Simoncelli datang merusak impian juara dunia 2007 itu untuk memimpin balapan di Catalunya, besok. Pembalap muda Italia yang tengah jadi sorotan akibat gaya balapnya yang kelewat agresif ini berhasil menungguli catatan waktu The Kuri-Kuri Boy -julukan Stoner-.

Simoncelli yang keluar garasi di menit-menit akhir sesi mampu menggeber RC212V andalannya hingga ke titik maksimum sehingga berhasil menggoreskan waktu 1 menit 42.413 detik atau unggul tipis sekira 00.016 detik atas motor pabrikan (Honda) milik Stoner yang harus puas berada di tempat kedua.

Pembalap Yamaha yang juga juara dunia, Jorge Lorenzo berusaha keras memecahkan catatan waktu Simoncelli di putaran terakhirnya. Sayang, Lorenzo hanya mampu mengamankan posisi start ketiga setelah terpaut 00.315 detik. Rekan setimnya, Ben Spies membuntuti di urutan empat dengan catatan waktu 1 menit 42.743 detik.

Andrea Dovizioso yang tampil cukup konsisten sejak sesi latihan, akan mengambil start dari urutan lima di balapan nanti. Sementara itu, kejutan lain diberikan pembalap pendatang baru, Cal Crutchlow yang membalap untuk Monster Yamaha Tech 3, mampu merangsek ke urutan enam.

Catatan waktu Cructhlow bahkan mengalahkan juara dunia sembilan kali Valentino Rossi yang harus puas mengawali balapan dari urutan tujuh. Nicky Hayden membuntuti Rossi dengan menempati urutan delapan. Dua pembalap muda Alvaro Bautista dan Hector Barbera melengkapi daftar sepuluh pembalap terdepan.