Tuesday, May 31, 2011

Street Fighter Impian – Honda Tiger 2000, Kendal

MajalahKamu – Bagi Ibnu Hambali Al Ghozali mengendarai motor bergaya street fighter adalah sebuah impian yang sangat besar. Kebebasan jiwa pria yang biasa disapa Ibnu ini hanya dapat terwujudkan lewat Honda Tiger keluaran tahun 2000 yang di rubah menjadi motor street fighter. Bicara tentang street fighter memang tak bisa lepas dari kota Purwokerto yang mempunyai julukan Republic Of Street Fighter (ROSF). Makanya Agus Djanuar builder andalan kota street fighter ini menjadi rujukan Ibnu yang tinggal di Krajan Kaliwungu, Kendal.

Well OtoZoners, Bukan hal sulit untuk merealisasikan konsep street fighter bagi Agus Djanuar. Karena keseharian Builder yang akrab disapa Koh Agus memang memotong sasis dan merubahnya menjadi motor petarung jalanan. “Aku sangat respect dengan karya dia, selain simple ubahan tidak terlalu radikal” ungkap Ibnu Hambali.

Kali ini konsep yang diterapkan memang bukan radikal. Konsep ini disebut sebagai konvensional fighter karena masih mengaplikasi jok double seater. Kemudian desain dan penerapan bodi yang tergolong desain lawas. Jangan salah meskipun konsepnya konvensional namun kaki-kaki sudah menggamit sistem upside down bukan teleskopik. (Penulis & foto : Uung Feri)

BUKAN SETANG BAPLANG

Ciri khas setang baplang dengan panjang hampir 1 meter selalu jadi pilihan para fighter untuk diaplikasin pada setiap tungganganya supaya tampil gahar. Bukan untuk Ibnu, justeru setang yang diaplikasikan berbasis motor trail. Hal ini dilakukan agar sesuai dengan up side down. “Sok depan variasi trail jadul” jelas pria asal Kendal.

SEDIKIT MERUBAH SASIS

Untuk rangka sasis memang tak banyak yang harus dirubah. Karena rangka sebelumnya memang sudah terbukti kokoh. Nah, pemotongan hanya dilakukan pada center bone sekitar 5 cm saja. Sedangkan pipa tubular dibuat dari pipa 1 inchi dan lekukannya mengikuti alur tangki yang aero dinamis.

DATA MODIFIKASI

Ban depan : Bridgestone Batlax 110/60-17

Ban belakang : Pirelli MT 180/60-17

Sok depan : Suzuki GSX 400

Sok belakang : Suzuki GSX 400

Pelek depan : Suzuki GSX 400

Pelek belakang : Suzuki GSX 400

Stang : Trail

Tangki bensin : Cagiva Planet